Minggu, 22 Desember 2013

sekilas tentang mama

bertepatan hari ibu, gw mau sedikit ceritain tentang mama.
satu-satunya yang manggil mama dirumah itu ya gw. ntah gimana ceritanya gw bisa manggil mama, bukan manggil ibu kayak dua kakak gw lainnya. tapi apapun panggilannya ga mempengaruhi sayangnya kami ke mama.

mama itu lahir di sebuah desa yang namanya semondo, gombong, jawa tengah. begitulah kurang lebihnya tempat yang saat ini selalu jadi tempat mudik kami. mama itu sering gw bilang supermom. kenapa begitu? karena setelah gw pikir-pikir dia bisa melakukan kerjaan apa aja dirumah, bahkan sampe kerjaan yang biasanya dilakuin laki-laki itu dia bisa. begitulaah mamaa.. orang yang nggak pernah capek kalo buat urusan keluarga dan anak-anaknya. gimana nggak, dari tk sampe sd mama selalu nungguin gw di sekolah, sampe dia kenal semua tuh sama stakeholder di sekolah gw dulu. dan hebatnya dia yang lebih kenal sama temen-temen gw disekolah gw terdahulu dibanding sama anaknya yang lupaan ini. dan sampe sekarang gw udah kuliah dia cukup dikenal sama temen-temen terdekat gw. 

omongan mama itu selalu nenangin hati, makanya gw sering cerita sama dia dari hal yang penting sampe yang nggak penting. mama nggak pernah nglarang gw buat nglakuin hal yang gw mau, dia selalu ngbebasin gw, tapi karena kebebasan itulah yang buat gw jadi takut kalo nglakuin sesuatu tanpa izinnya. karena gw percaya izin Allah itu izinnya orangtua dan itu terbukti banget dikehidupan gw.
masih gw inget nih, waktu gw mau tes general test buat masuk smp, gw awalnya takut buat masuk smp yang dipilihin sama mama (re: 252). gw kekeuh mau di smp kaka gw sebelumnya, alesannya karena buat masuk 252 butuh nilai yang lebih tinggi daripada smp kaka gw itu. tapi dengan kekuatan bulannya, mama berhasil ngyakinin gw buat masuk situ dan gw dengan males-malesannya ngerjain tuh soal tes. dan ajaibbnyaaaa, gw keterima di 252. 
terus pas mau milih SMA, lagi-lagi Allah lebih berkenan dengan keinginan mama. dari sebelum gw UAN setiap ditanya gw mau masuk SMA mana, gw selalu bilang maunya di 71. selalu itu jawaban gw. tapi sayangnya mama kurang setuju akan keinginan gw itu, lokasi yang menurutnya jauh dan cukup sulit dijangkau ngbuat mama maunya gw di 103 aja. lagi-lagi gw kekeuh sama keinginan gw buat masuk 71. dan bener aja, pas pengumuman hasil UN gw agak lemes ngeliat nem gw yang nggak memenuhi buat masuk SMA yg gw pilih. dan anehnya lagi, lagi-lagi gw masuk di sekolah yang emak gw mau (re: 103).
dan sampai kuliahpun berlanjut begituuuu, gimana kekeuhnya gw buat kuliah di psikologi UI, tapi emak yang nggak setuju dengan keinginan gw itu. dia yang lebih pengen anaknya masuk UNJ biar jadi guru. dan dengan izinnya lagi lah yang ngbawa gw ada di bimbingan dan konseling UNJ saat ini.

maaa.. kekuatan supermu itulah yang ngbuat aku takut buat nglakuin sesuatu tanpa izinmu. 
ah, satu blog ini pun rasanya ga cukup buat nyeritain semua tentang mama.
mama dengan senyum ikhlasnyanya yang  khas yang selalu ngbangunin gw tiap pagi ditambah ciuman yang gapernah lupa ia daratin dikepala gw dan selalu gw bales dengan pelukan. rutinitas dari kecil yang terus kebawa sampe saat ini. 

mamaa, rasanya nggak pernah rela kalau ada yang nyakitin dia. walau sayang gw ke mama ga seberapa dibanging sayangnya mama ke gw. tapi tetep ajaaaa, i love you maaaaaaaaaa :*

-selamat hari ibu-

Tidak ada komentar: